Review wedding Fatia & Billy (part 2-catering)

19 Jul 2010

Catering
NOLA CATERING
jl. Menteng Granit, Pasar rumput
CP Iwan Setia (081382260898, 021-96288037)
email: one_nola[at]yahoo[dot]co[dot]id
http://cateringnola[dot]blogspot[dot]com

Hmm, this is my favorite part! based on my rebellious character.. dalam memilih catering saya juga begitu.. padahal kalau dipikir-pikir… ngapain juga ya pake rebel segala… tapi akhirnya.. puas dengan pilihan saya..

Background: karena ada pengalaman buruk dengan catering ‘biasa’ di kawinan kakak saya, maka keluarga saya keukeuh mereukeh mau pake catering ‘branded’… seperti PUSPA yang katanya sudah settle dan pasti enak (masa sih?). Masalah kawinan ini, saya dan suami concern banget soal budget… dan secara saya juga bukan tipe cewe yang punya wedding dream dan senang beribet-ribet dengan urusan kawinan maka budget juga jadi pertimbangan kami. Apalagi secara kita
travelling addict, selalu mikirnya males buang duit banyak2 buat kawinan… mendingan buat jalan2 :D . Dengan waktu yang cuma dua bulan.. mari kita test food

..

Walau keluarga sudah keukeh memilih Puspa dan siap menanggung biayanya, saya tetep berkeras mau survey catering.. setelah nguping kanan kiri dan ngubek2 forum weddingku.com maka nominasi catering lainnya selain Puspa adalah..

1.Nikirani Catering : Pelayanan Nikirani catering sangat ramah dan akomodatif, dari awal saya lihat beberapa vendor busana dan pelaminannya juga cukup lumayan.

2. Nola Catering: Ini saya masukin nominasi karena di forum di weddingku rame banget pada rekomen catering ini. silahkan baca threadnya di link ini

3. Puspita Sawargi : agak sedikit diatas budget tapi udah full
4. Sawargi : sama dengan nomor 3

Saya cuma punya waktu dua minggu untuk test food .. test food akhir april.. sudah harus bikin decision awal Mei.. karena catering-catering juga sudah mulai full book… rata2 pada satu hari mereka hanya mau terima 4-6 acara.

Semua catering ini saya sempat test food… soal rasa, rata2 hampir sama.. nomor 2-4 cukup konsisten soal rasa dan penampilan… rasa makanannya saya dan ibu cukup cocok..

Buat yang belum tahu… ada dua opsi ketika memilih catering untuk pernikahan:
1. Hanya catering: catering hanya menyediakan jasa catering dan dekorasi catering
2. Paket all in: semua hal (catering, pakaian, rias, pelaminan, dekor, foto/video, MC) semua di provide oleh catering, malah ada yang sampai undangan segala.

saya mengambil opsi kedua karena males ribet dan waktu mepet. Selain itu, setelah saya sempat menghitung-hitung singkat komparasi antara opsi satu dan dua, ternyata lebih murah opsi dua.

Setelah survey sana-sini… saya dan ibu mantap memilih NOLA CATERING.. pertimbangannya:

1. Marketing saya mas Iwan, orangnya cukup sabar dalam menghadapi saya yang lumayan bawel dan hobi nawar. Hampir semua hal bisa dinegosiasikan dan yang paling penting, rela begadang sampe jam 12 malem kalo saya baru sempet ketemuan setelah pulang kantor. :D Karena juga sudah berpengalaman menangani urusan pernikahan, mas Iwan dan timnya juga bisa memberikan masukan-masukan buat saya yang masih newbie ini.

ini dia yang namanya mas iwan :D (dok radinka photo)

ini dia yang namanya mas iwan :D (dok radinka photo)

2. Harga : soal harga Nola catering lumayan terjangkau dan harga paketnya masuk dengan budget kawinan saya. Pak Datuk, yang bagian itung2 di Nola juga selalu berbaik hati memberi diskon kalau saya ngeyel nawar. Nggak hanya diskon, bonus-bonus yang diberikan juga cukup banyak, termasuk satu set ‘Lapau Minang’ yang ternyata sangat disukai tamu-tamu. Poin plusnya adalah, catering ini sangat negotiable untuk urusan harga walau mereka juga tetap punya standar yang dijaga.

3. Rasa: Kawinan saya bertema minang… kebetulan Uni Indah yang punya catering ini adalah orang minang. Soal menu juga catering ini sangat flexibel, walau saya ambil paket, tapi menu-menunya masih bisa diubah dan di mix n match. hasilnya menu kawinan saya adalah sebagai berikut:

BUFFET
Nasi Putih
Nasi Goreng Oriental - seafood
Soup Buntut
Dendeng Balado Kering
Dendeng Balado Basah
steak lidah
Ayam Panggang Bumbu Bali
Lasagna
Tumis Pok Coy

nola catering (dok. radinka photo)

nola catering (dok. radinka photo)

Untuk Gubukan… karena suami saya dari Jogja.. maka ibu mengusulkan agar ada unsur2 jogja juga… maka jadinya:

Kambing Guling
Nasi Gudeg
Sate Padang
Ice Poffertjese
bebek Peking
Es Cincau
Es Doger
Lapau Minang (serabi, bubur ketan dll, srikaya) — yang ini bonus lho!

lapau

Untuk yang bingung… itu dendeng balado kering dan basah bisa setengah2 karena saya labil… :D ngga bisa mutusin mau balado kering atau basah.. maunya sih kering, tapi pertimbangannya kalau balado kering itu susutnya banyak ya.. beli 30 kg katanya cuma bisa jadi 10 kg.. karena saya bingung terus, akhirnya uni indah sang owner mengusulkan opsi setengah2… saya langsung SETUJU!

soal rasa… sejauh ini testimoni dari tamu semuanya memuji.. seperti hasil test food yang saya jalani, rasa yang disajikan cukup konsisten dan enak!

Akhirnya saya bisa nunjukin ke om2 dan tante2 saya kalau catering pilihan saya bisa enak (bahkan lebih enak) dari catering2 yang sudah lebih dulu terkenal.. mereka sendiri pun mengakui kalau rasa yang disajikan Nola Catering sangat pantas dan tidak memalukan. Beberapa menu yang dipuji antara lain Lapau Minang, Dendeng Balado kering, steak lidah, bebek peking, pofertjes, kambing guling (katanya empuk banget.. sayang saya ngga sempet nyobain :( — ) hmmm hampir semuanya yaa… yang lain2nya juga enak … menurut penilaian saya.. walau masak untuk jumlah banyak… rasa yang disajikan nggak seperti masakan massal, tetap berciri khas dan terjaga rasanya.

sampai akhir acara makanan masih tersedia dan tidak kurang, servis dan kebersihan juga cukup baik .. intinya… saya nggak salah milih catering ini.. PUAS!

berikut testimoni dari tamu-tamu saya tanpa diminta mereka komen sendiri:

“Nasinya enak,” kata spupu saya yang umur 5 taun

“aku dateng udah mau selesai acara tapi dendeng baladonya masih kering ya,” omnya suami saya

“daging kambing gulingnya empuk banget ya, kambing muda kali,” tante ditje, tetangga mertua

“Lidahnya empuk ya, baru sekali ini makan lidah langsung suka,” teman SMU saya

dll… masih banyak lagi…

poffetrjes

oh iya… untuk akad nikah saya dapat bonus KETUPAT SAYUR PADANG untuk makan sore tamu… dan senengnya karena ketupat sayurnya pakai Gulai Paku.. padahal ketupat sayur gulai paku kan udah jarang, kebanyakan pakai gulai nangka… ini juga hasil nego dengan pak datuk yang mau ngusahain untuk dapat sayur paku, padahal biasanya untuk kawinan sabtu pakai gulai nangka, karena paku baru dateng sabtu sore.. makasi yaaa pak datuk :*

Hasilnya.. tamu-tamu saya pada suka banget, katanya rasanya agak2 pedes dan enak! lagi-lagi saya ngga kebagian :( padahal mas iwan sudah dengan baik hati menyisihkan buat saya dan mengantarnya ke ruang rias, tapi ternyata jatah saya dimakan oleh keluarga yang juga duduk2 di ruang rias… suami saya juga abis sepiring full tanpa inget sama istrinya… :( hehehee… piss!

nola catering (dok. radinka photo)

nola catering (dok. radinka photo)

4. Dekorasi catering: untuk yang satu ini juga nggak perlu diragukan. bahkan di kawinan saya… Makdang (panggilan pak Tirza yang penanggungjawab dekor) punya banyak ide2 yang kreatif. Meja dessert ala bagonjong padang juga dipuji sama tante saya :)

nola catering (dok. radinka photo)

nola catering (dok. radinka photo)

well… intinya, catering adalah bagian paling penting dalam sebuah pesta… salah pilih catering bisa bikin mood kita dan tamu jadi berantakan.. so choose

your catering wisely.. :D

Tips:
1. Walau sudah cocok dengan catering, jangan lupa survey rekanan2 yang tergabung dalam catering tersebut jika memilih opsi paket. Pastikan rekanan yang digunakan bisa mengakomodir keinginan kita.

2. Jangan lupa selalu mencatat perubahan yang sudah disetujui ketika negosiasi. ini untuk menghindari jika terjadi perbedaan pencatatan antara catering dan kita. Hal ini banyak dialami capeng lain, untungnya saya nggak tuh :D

3. Jangan bosan-bosan test food terutama untuk makanan2 yang akan disajikan di acara kita. Periksa terus konsistensi rasa dan service

4. Selalu diskusikan segala keinginan dengan marketing Anda. Jangan pernah kehabisan kesabaran untuk negosiasi

5. Jika memang ada vendor rekanan yang tidak sesuai, tanyakan opsi upgrade atau minta pengurangan harga paket jika salah satu items (misalnya: dekor, foto, atau pelaminan) tidak menggunakan vendor rekanan catering tapi membawa sendiri

6. Pastikan pihak catering mengetahui nego2 kita dengan vendor pihak ketiga mereka (foto, pelaminan, dekor, dll). Hal ini untuk memudahkan kordinasi dan pengecekan mereka pada pelaksanaan hari H

Happy catering hunting!


TAGS


-

Author

Follow Me